-->

Diary Bocah SMK - Chapter 2

"Minta Kontak"

Ceritain Kuy
Hari kedua Masuk Sekolah
Hari ini adalah hari kedua aku sekolah dan hari pertama ku belajar di SMK Teknologi. Aku sangat antusias sekali, apalagi kemarin aku baru saja bertemu kembali dengan sahabat SD ku si Jono.

*Rumahku

*ngokkk fiuhhh...ngookkk fiuhhh

Waktu menunjukan pukul 5:00, terdengar samar-samar suara ayah memanggilku.

Ayahku  :"Bang.... Bang.... udah jam 5 ini. Bangun hoi, hari ini kan hari pertama kamu sekolah jangan sampai kesiangan"
Ari  :"hmmm.. Iya yah.."Jawabku dengan keadaan mata masih separuh terbuka.
Ayahku  :"Iya...iya tapi masih megang guling aja. Buruan mandi, sholat abis itu sarapan. Ayah udah masakin Nasi Goreng nouget kesukaanmu ini!!!"
Ari  :"Siap Captain..." semangatku seketika membara mendengar ayahku memasak nasi goreng kesukaanku.

Aku pun bergegas pergi  kekamar mandi.
Setelah Selesai mandi, aku pergi memakai baju sekolahku seraya sholat subuh.
Setelah selesai sholat, Terdengar dari ruang makan, suara ayah memanggilku...

Ayahku  :"Bang.. bangunin gih adikmu  sekalian. Suruh dia sarapan bareng."
Aku  :"Ok"

Aku pun bergegas membangunkan Adikku yang terlihat masih tertidur pules.

Aku  :"rin... bangun woy disuruh ayah sarapan tuh..."
Karin  :"........"
Aku  :"Hadeh, nih bocah ya. Bangun woi bangung, nanti gua abisin sarapannya nih".
Karin  :"emmmmm iya ih ganggu aja"
Aku  :"buruan cuci muka dulu sono, Awas kalo tidur lagi".
Karin  :"hemmm"Jawabnya sedikit kesal kepadaku karena di ganggu tidurnya.

Terlihat waktu sudah menunjukan pukul 5:48 dan sang surya pun sudah mulai menampakan sinarnya

Aku  :"Yah udah abang bangunin tuh si karin, lagi cuci muka dia"
Ayah  :"yaudah kamu makan duluan gih bang"
Aku  :"Lha Ayah belom dimakan nasi gorengnya?"
Ayah  :"Manabisa Ayah makan duluan kalo Anak-anak ayah belom pada makan"
Aku  :"hehehe, siap yah"

Tak lama akun pun selesai makan. Tetapi Adikku belum juga menampakan batang hidungnya. Karena curiga akhirnya ayah menghampiri karin ke kamarnya.

Ayah  :"aduhh si adek malah tidur lagi, sarapan dulu hei" Panggil ayah sambil menepuk-nepuk punggung karin
Karin  :"iya yah....."

Waktu menunjukan pukul 6:00. Aku pun bergegas pergi ke sekolah.
Aku  :"Yah, Abang berangkat dulu ya...."
Ayah  :"Iya.. Hati-hati bang"
Aku  :"Siap Captain, Assalamualaikum.."
Ayah  :"Walaikumsalam.."

Aku pun berangkat menuju sekolah dengan mengendarai sepedah motor. Setelah menempuh waktu sekitar 20 menitan akhirnya aku sampai di parkiran sekolah. Terlihat ada Bapak-bapak penjaga parkiran disana, Aku pun menyapanya.

Aku  :"Pagi pak"
Pak tua  :"Pagi dek, murid baru ya?"
Aku  :"Iya pak"
Pak tua  :"Pantesan pagi banget datengnya dek"
Aku  :"hehe iya pak, saya antisipasi aja, takut dijalan macet makanya dateng lebih awal"
Pak tua  :"hebat-hebat" Jawabnya sambil mengankat dua jempolnya kearahku.
Aku  :"saya masuk dulu ya pak"
Pak tua  :"Yo monggo"

Ku lihat waktu menunjukan pukul 6:24. Aku berjalan menuju ruang kelas yang kemarin.

Aku  :"buset, banyak banget ini anak tangga" gumamku sambil melihat ke arah atas.

Setelah berjuang menaiki sekitar 50an anak tangga akhirnya aku sampai dikelas

Aku  :"Njir, sepi banget, gua kira udh ada orang," gumamku.

Waktu menunjukan pukul 6:45 terdengar suara langkah kaki dari luar kelasku.
*tukk...tukk...tukk...
Terlihat dari kejauhan bayangan seseorang menuju kelas.

Aku  :"Wah, si Jono nih"

Tak lama yang terlihat bukan si Jono yang datang melainkan seorang siswi yang duduk di belakang. Ia memasuki kelas dan menengok keadan kelas dengan muka Sinis. Sepertinya dia juga berpikir kalo di kelas sudah ramai.

Aku  :"Duh.. si Jono kemana ini, belom dateng juga dia..." gumamku

25 menit berlalu keadaan kelas sangat akward sekali karena baik Aku maupun Siswi tersebut tidak berani menyapa duluan. Sampai.... tak lama Jono Dateng...

Aku  :"Nah, akhirnya dateng juga nih si kampret, lama amat lu coeg"
Jono  :"Lama dari mana anjirr, ini baru jam 7:10. Kelas aja masuknya jam 7:30. Emang lu dateng dari jam berapa ri?"
Aku  :"Jam... setengah tujuh"
Jono  :"Pffftt... wkwkwk getol amat lu coeg, mau bantuin bersih-bersih sekolah ya?"
Aku  :"Kaga lah njirr, gua cuman antisipasi aja takutnya di jalan macet, yaudeh gua dateng lebih cepet sedikit"
Jono  :"hahaha sedikit dari mana, lu dateng 1 jam sebelum kelas dimulai"
Aku  :"........" muka sinis

Terlihat siswi tadi sepertinya menguping pembicaraan kami berdua dan muka dia terlihat seperti sedang menahan ketawa. Tak sengaja ku melihat ke arah dia, dia langsung membuang muka dan memasang wajah sinis kembali.

Jono  :"Owh ya ri, ceritain dong gimana rasanya tinggal di bali?"
Aku  :"Gimana ya... waktu awal-awal sih gua sangat antusias buat tinggal di sana. Tapi, seiring berjalannya waktu gua malah lebih senang tinggal di Jakarta."
Jono  :"lah, emang kenapa? bukannya enak tinggal di deket pantai yang terkenal itu"
Aku  :"Kuta maksud lu?"
Jono  :"nah iya itu, baru gua pengen sebut"
Aku  :"Bilang aja gak tau"
Jono  :"hehhe tau aja lu. Jawab dong kenapa lu lebih senang tinggal disini?"
Aku  :"Karena di sana gua gak punya temen"
Jono  :"hahaha kok bisa?, makanya jadi orang jangan kuper"
Aku  :"Siapa yang kuper njir, gua gak punya temen karena ya emang gak cocok aja gua sama pergaulan disana. Jadi, gua ketika disana gua lebih memilih baca buku atau main game dirumah"
Jono  :"Kuper, kuper..."
Aku  :"Seterah lu" Jawabku kesal
Jono  :"Dih marah wkwkwkw"

Gak terasa kelas sudah ramai dan waktu pun sudah menunjukan pukul 7:35

Terdengar samar suara langkah kaki seseorang berjalan menuju kelasku.

*tukk..tukk..tukk
Tak lama terlihat seorang perempuan muda masuk dengan raut muka sinis

Aku  :"gua bingung sama sekolah ini muka orangnya kok pada sinis semua ya..." gumamku dalam hati

Guru ?  :"Selamat pagi anak-anak"
Murid  :"Selamat pagi Bu..."
Guru ?  :"Perkenalkan nama saya Santi, Panggil saya Bu san. Saya mengajar salah satu mata pelajaran produktif disini yaitu Jaringan dasar. Saya kuliah di UI jurusan Telekomunikasi."
Rendy  :"Udah punya pacar belum bu?"
Bu san  :"Kenapa emangnya?" mukanya terlihat mulai bete

haahhahaa murid mentertawakan rendy

Rendy  :"Sas..Saya disuruh Ari bu"
Aku  :"anjirr kok gua"
Bu san  :"Mana yang namanya Ari" Tanya bu san
Jono  :"Ini bu, samping saya" Sambil menunjuk ke arahku
Bu san  :"Owh jadi kamu. Kamu ini murid baru gak ada sopan santun sekali sama guru!!!" celetuk bu san
Aku  :"Sumpah bu bukan saya"
Bu san  :"Jangan banyak alasan kamu. sini kedepan"
Aku  :"Bab..baik bu"

Akhirnya dengan sangat terpaksa ku kedepan kelas seraya ku acungkan jari tengah ke arah rendy

Aku  :"Bangst kau" gumamku
Bu san  :"Kenapa kamu nanya-nanya masalah pribadi ibu? hah? kenapa?"
Aku  :"Sumpah bu bukan saya"
Bu san  :"Udah gak usah banyak alasan. Sekarang kamu ibu hukum. Jalan jongkok 5 putaran dikelas"
Aku  :"Sekarang bu?"
Bu san  :"Taon depan!!!. Ya sekarang lah!!"

Aku pun menjalani hukuman yang diberikan bu san

*huftt...huftt... napasku terengah-engah kelelahan berljalan jongkok
Aku  :"Sudah bu"
Bu san  :"Awas kamu kalo gini lagi!!!. Kamu tuh murid disini, hargai lah guru yang ada disini, gak peduli apakah kamu pinter sekalipun. Tapi, kalo kamu tidak menghargai guru, kamu gak akan dianggap disekolah ini. Ngerti?"
Aku  :"Ngerti bu"
Bu san  :"Sekarang kamu duduk!!" 

Aku pun duduk kembali dengan wajah penuh dendam

Aku  :"Awas aja lu ren. Gua bales nanti lu" Gumam ku

*TRINNGGGGGG
Tak lama suara bel istirahat berbunyi

Bu san  :"Baik cukup sampai disini saja pertemuan kita kali ini. Assalamualaikum"
Murid  :"Walaikumsalam"

Murid-murid berjalan ke kantin. Tapi karena hal tadi aku jadi males ke kantin.

Jono  :"Ri kekantin yok?"
Aku  :"Dah lu aja"
Jono  :"Masih kesel ya sam yang tadi?"
Aku  :"Siapa yang gak kesel njir gua lagi diem tau-tau dituduh sama si kampank itu"
Jono  :"hahaha sabar aja ri, anggap aja tadi dia cuman bercanda"
Aku  :"Mana ada bercanda ngerugiin orang. Liat aja nanti, bakal gua bales dia" Jawabku
Jono  :"Sekarang gua tau kenapa temen lu dikit ri. Yaudah deh gua ke kantin dulu ya, mau nitip gak lu?"
Aku  :"Gak usah Jon"
Jono  :"Yakin?... gua mau beli Nasi goreng nouget lho!!!!"
Aku  :"Yaudah satu bungkus, nih duitnya"
Jono  :wkwkwk ok siap. Owh ya, nasi gorengnya samain aja sama gua kan?"
Aku  :"Iya"

Jono pun pergi kekantin sementara itu aku mengecek facebook ku seraya menunggu Jono kembali
Setelah beberapa menit akhirnya Jono kembali.

Jono  :"Nih bos pesenannya"
Aku  :"Makasih Jon"
Jono  :"Selow aja sama gua mah"
Aku  :"hehehe, kayaknya enak nih"
Jono  :"kata abang gua sih enak ri"
Aku  :"abang lu?"
Jono  :"Iya, abang gua kan dulu sekolah disini juga"
Aku  :"Owh"

Dengan segera ku buka bungkus nasi goreng tersebut dan seketika diriku kaget melihat 
sambal yang bertaburan di atas nasi goreng ini.

Aku  :"WTF, ini sambel banyak bener njir, gak salah lo?"
Jono  :"Lah katanya lu samain kayak gua, yaudah gua samain aja"
Aku  :"Coba gua lihat punya lu"

Jono pun membuka bungkus nasinya dan memperlihatkannya kepadaku.

Jono  :"Nih ri" sambil memperlihatkan nasinya kearahku
Aku  :"Njirr, gila lu Jon"
Jono  :"Gila kenapa?"
Aku  :"Itu sambelnya banyak bener"
Jono  :"hahah dah biasa gua mah. Owh ya lu kuat makan sambel kan?"
Aku  :"Suk..suka kok"
Jono  :"Syukurlah... gua kira lu gak kuat makan sambel"
Aku  :"Anjirr, gimana ini.... perut gua kan gak cocok makan sambel" Gumamku dalam hati
Jono  :"Yaudah makan gih, bentar lagi masuk lo!!"
Aku  :"Iy.. iya tenang aja"

Dengan sangat terpaksa sekali Aku memakan nasi goreng tersebut. Hingga akhirnya nasi goreng tersebut habis.

Akhirnya habis juga, gumamku

Gak lama sesuatu seperti menghajar perutku...

Aku  :"Awwww"
Jono  :"Kenapa lu ri"
Aku  :"Ini... di baju gua tadi ada semut"
Jono  :"Owh kirain lu sakit perut gara-gara makan sambel"
Aku  :"ah mana mungkin hahaha. Sambel doang mah gak bakal bikin perut gua sakit"

"Anjirr, perut gua melilit", gumamku
"Sakit banget ini, ahhhhh", gumamku sambil menahan sakit.
"Tahan ri, huft..... hah.....", Ku mencoba menarik napas dalam-dalam dengan harap sakit perut ini bisa hilang.

Jono  :"ri lu kenapa?, kok tarik napas gitu?"
Aku  :"Nggak. kenapa-napa kok. biasa gua lagi menghirup udara sejuk di kelas ini"
Jono  :"heh, hehhe aneh lu ri"
Aku  :"Sel...sellow aja"
Jono  :"Owh ya ri, Gua bagi kontak lu dong, biar nanti kalo ada apa-apa enak tinggal hubungin lu aja"
Aku  :"Bboleh. Tapi, nomor hp gua aja ya"
Jono  :"Yaudah gak apa-apa. Berapa nomornya"
Aku  :"089829**219"
Jono:"Sip makasih Jono. Nanti gua miss call lewat WA"
Aku  :"Okk...ke"
Jono  :"Woi ri jujur lu kenapa sih?"
Aku  :"Gggua misi dulu ya mau keluar bentar"

Aku pun berlali mencari toilet kesana kemari. Sampai akhirnya kutemukan toilet dilantai 2 sekolah, dengan segera ku masuk dan mengunci toilet tersebut.

"Anjirr, perut gua melilit sakit banget ini" ucapku sambil menahan sakit

Setelah memakan waktu sekitar 15 menit lebih, akhirnya aku kembali ke kelas..

Ketika memasuki kelas, spontan aku terdiam karena sudah terdapat guru disana...

Aku  :"Assalamualaikum, Pak..."
Guru ?  :"Walaikumsalam, dari mana kamu tadi, kok baru dateng?, Waktu istirahat kan sudah berakhir dari 10 menit yang lalu"
Aku  :"Anu.. Pak, saya tadi....." 

"....tadi waktu istirahat saya makan sambel lalu, perut saya tiba-tiba mules banget pak, jadi saya ke toilet dulu..." bisik ku kepada Guru tersebut.

Terlihat guru tersebut seperti menahan ketawa mendengar ceritaku.

Guru ?  :"Baik, kamu sekarang duduk sana"
Aku  :"Makasih pak"
Guru ?  :"Baiklah kita mulai kembali pelajaran pertama kali ini, Bapak ingin mengetes pengetahuan umum kalian tentang teknologi, khusus nya Jaringan. Jika, ada yang berani menjawab dan benar, maka dia langsung bapak kasih nilai 9"
Guru ?  :"Apa sih yang dimaksud dengan Jaringan Komputer?"
Aku  :"Saya pak" Jawabku sambil mengangkat tanganku.
Guru ?  :"Baik, kamu"
Aku  :"Jaringan komputer yaitu jaringan telekomunikasi yang memungkinkan dua atau lebih komputer dapat saling terhubung dan berbagi data"
Guru ?  :"Tepat sekali, selamat kamu mendapat nilai pertama mu"
Jono  :"Wedeh pinter banget lu ri"
Aku  :"Lebay lu Jon"
Guru ?  :"Seperti yang dibilang teman kalian tadi..., siapa nama mu?"
Aku  :"Ari"
Guru  :"Seperti yang dikatakan si Ari tadi, jaringan komputer ialah sebuah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan adanya pertukaran data antar komputer. Jadi, jika kita memiliki lebih dari 2 komputer, kita dapat membuat sebuah jaringan komputer sederhana dirumah kita"

Setelah Pak guru tadi menjelaskan secara lengkap materi tentang Jaringan komputer , akhirnya bel berbunyi.
*CRINGGGG

Guru ?  :"Baik sekarang bapak ingin memberikan kalian tugas dirumah. Coba gambarkan skema jaringan komputer LAN, MAN, dan WAN. Mengerti?"
Murid  :"Mengerti..."

Jono  :"Tadi kemana lu, lama banget?"
Aku  :"Ke Toilet gua"
Jono  :"wkwkwk, pasti lu mules ya gara-gara makan sambel?"
Aku  :"Y"
Jono  :"hahaha, ri..ri.. besok-besok kalo gak kuat makan sambel bilang. Jadi gua gak kasih sambel nasi goreng lu"
Aku  :"Abis gua gengsi Jon"
Jono  :"Hidup mah gak usah gengsian, buat apa gengsi kalo ujung-ujungnya bakal ketahuan juga kan"
Aku  :"Iye..iye.."

Tak lama datang seorang Guru laki-laki ke kelas kami.

Guru ?  :"Assalamualaikum"
Murid  :"Walaikumsalam"
Guru ?  :"Apa ini bener kelas TKJ-6?"
Murid  :"Benar pak"
Guru ?  :"Oke, kalau gitu perkenalkan nama saya Junaidi, panggil saja saya Pak Adi, Asal saya dari Sulawesi, Saya mengajar mata pelajaran Seni Budaya, umur saya 31 tahun, alamat jalan Kampung Duren RT.03/RW.01, Apalagi? saya lulusan ISI Denpasar, dan Alhamdulillah saya masih tertarik dengan perempuan"

Murid pun tertawa mendengar omongan pak adi tadi.

Jono  :"ri kayaknya nih guru lawak ya?" bisik dia kepadaku
Aku  :"Mudah-mudahan sih gitu Jon"
Pak Adi  :"Bapak yakin selama kalian sekolah pasti selalu terdapat mata pelajaran Seni Budaya kan"
Murid  :"Iya pak"
Pak Adi  :"Sekarang bapak ingin bertanya pendapat kalian, sebenernya Apa sih itu seni dan harus gak sih kita melestarikan seni?"
Nisa  :"Saya Pak" dengan Kepedan 100%
Pak Adi  :"Baik, apa?"
Nisa  :"Menurut saya Seni ialah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mempunyai nilai keindahan dan emosional. Teruss, kita harus melestarikan seni yang sudah ada agar seni-seni terdahulu tidak punah atau hilang dimakan zaman"
Pak Adi  :"Bagus sekali Nisa, beri tepuk tangan dia"

*Prok prokk prokk

Pak Adi  :"Seperti yang di jelaskan Nisa tadi, Kita harus melestarikan seni yang sudah ada. Apalagi di negeri kita ini banyak sekali terdapat Bermaca-macam seni yang berbeda di setiap daerahnya. Jika kita tidak melestarikannya, tentu itu semua akan hilang dimakan zaman dan bukan tidak mungkin, generasi kita dimasa depan nanti tidak akan mengenal seni tradisional negerinya sendiri. Apa kalian Paham?"
Murid  :"Paham pak"
Pak Adi  :"Baiklah kalau begitu sekarang buka buku tulis kalian dan tulis Sebutkan Seni-seni yang terdapat di Indonesia beserta daerahnya, sebutkan minimal 15. Silahkan dijawab"

*CRINGGGGGGG

Pak Adi  :"hmmm, baiklah karena sudah bel, silahkan kalian lanjutkan dirumah. Tapi, ingat minggu depan harus sudah selesai semua. Mengerti?"
Murid  :"Mengerti pak"
Pak Adi  :"Baik silahkan siapkan, Siapa ketua kelas disini?"
Aku  :"Belum ada pak"
Pak Adi  :"Waduh... yaudah kamu aja yang siapkan"
Aku  :"Bersiap berdo'a mulai..... Berdo'a Selesai, Memberi salam"
Murid  :"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pak Adi  :"Baik silahkan pulang"

Murid-murid berhamburan keluar.

Jono  :"ri.. nanti kalo ada yang misscall itu gua"
Aku  :"Siap Jon"
Jono  :"Owh ya Lu punya Facebook kan? Namanya apadah?"
Aku  :"Ari Julianto, Jon"
Jono  :"Ok seep nanti gua add. dah ri"
Aku  :"byee.."

Kami berdua pun pulang kerumah masing-masing....

To be Continued

0 Response to "Diary Bocah SMK - Chapter 2"

Post a Comment

Utarakan pendapat Kamu !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel