-->

Kotatsu, Penghangat tradisional di tengah musim dingin di Jepang

"Kotatsu, Sebuah Alat Penghangat Tradisional di Jepang"


Di Jepang ada salah satu tradisi unik ketika musim dingin tiba. Orang-orang di sana mempunyai kebiasaan berkumpul di suatu meja yang bernama kotatsu.

Kotatsu ini sendiri ialah sebuah penghangat yang berbentuk meja pendek dan dibawahnya terdapat sebuah pemanas listrik, lalu di atas meja tersebut dilapisi futon (kasur tradsional Jepang).

Kotatsu sangat di gemari oleh orang Jepang. Sebab, kotatsu bisa menghangatkan badan kita walaupun diluar sedang musim dingin.

sumber foto setsuko karatsu oleh Pinterest

Asal mula Kotatsu

Sejarah kotatsu dimulai sejak era Muromachi selama abad ke-14. Bermula dari kebiasaan orang zaman dahulu yang biasa menggunakan Irori untuk menghangatkan badannya dikala musim dingin tiba.

Irori adalah lubang berbentuk persegi yang terletak ditengah ruangan. Irori ini digunakan oleh orang dulu untuk memasak. Bahan bakar Irori menggunakan batubara. Nah, panas yang dihasilkan oleh batubara ini yang dijadikan untuk menghangatkan area sekitar irori tersebut.

Namun, orang Jepang mulai berpikir irori itu tidak bisa menghangatkan seluruh badan, untuk menyiasati hal itu tersebut pada akhir abad ke-14, diletakanlah meja berbentuk persegi yang disebut Yagura, lalu diatas meja itu diletakan futon dengan maksud agar panasnya tidak keluar. inilah yang dipercaya sebagai asal mula kotatsu.

Pada abad ke-17, arang bekas pembakaran irori bisa dibawa kemana-mana dengan memasukannya kedalam wadah yang terbuat dari tanah liat. Penghangat praktis tersebut disebut anka dan dipercaya sebagai bentuk kotatsu yang sekarang.

Pada pertengahan abad ke-19, sumber panas dari kotatsu berubah yang dulunya menggunakan arang bekas pembakaran berubah menjadi listrik sehingga disebut kotatsu listrik. Tak lama kemudian kotatsu listrik mulai banyak digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Fungsi Kotatsu di era Modern

Peranan kotatsu di era modern ini mulai tergantikan oleh pemanas ruangan yang lebih baik karena menjangkau area rumah yang lebih luas. Akan tetapi keberadaan kotatsu masih dianggap penting dan menjadi warisan budaya tradisional Jepang. Itulah mengapa kita masih sering melihat keberadaan kotatsu di Anime-anime dan film Jepang yang berlatarkan musim dingin.

Nikmat sekali ya sadaharu, Sumber foto Anime Gintama

Hal yang paling Nikmat dilakukan dikotatsu ialah menonton acara Tv sambil memakan semangkuk Ramen hangat dengan Teh hangat di musim dingin baik bersama keluarga maupun sendiri dan Rasakan sensasi kehangatan dimusim dingin... hahaha

Bagi kalian yang penasaran dan ingin mencicipi bagaimana rasanya duduk bermalas-malasan dibawah kotatsu  kalian bisa datang ke Jepang waktu musim dingin dan menginap di hotel tradisional yang masih terdapat kotatsunya.

0 Response to "Kotatsu, Penghangat tradisional di tengah musim dingin di Jepang"

Post a Comment

Utarakan pendapat Kamu !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel