-->

Penjelasan Lengkap Tentang Blog


APA ITU BLOG ?

Web log atau yang biasa kita sebut dengan Blog merupakan salah satu aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (Artikel) pada sebuah halaman Web. Nah, tulisan-tulisan ini sering dimuat dalam urutan terbalik (Artikel Terbaru Di Tempatkan Di Atas Artikel Lama). Blog dapat di akses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik/Tema yang mereka cari.

BAGAIMANA BISA TERBENTUK BLOG ?

Dahulu Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang di pioniri oleh Pyra Labs. Namun, pada akhir tahun 2002, Media Blog ini diakuisisi oleh Google. Semenjak saat itu, banyak sekali terdapat aplikasi-aplikasi bersifat open source yang memudahkan para blogger untuk mengembangkan blog mereka.

Blog memiliki beragam fungsi yang sangat bermanfaat, baik untuk Blogger (Sebutan untuk orang yang mempunyai Blog) itu sendiri maupun untuk para pembaca Blog. Banyak para Blogger menjadikan blog mereka sebagai media untuk menulis catatan harian mereka, membagikan ilmu atau pengetahuan yang mereka punya, media kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan.

Kebanyakan Blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, tapi banyak juga blog yang dipelihara oleh beberapa orang penulis.

Dalam dunia Blogging dikenal suatu istilah yang biasa disebut blogosphere, yakni suatu interkoneksi antar blog. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivias, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut blogstrom atau badai blog.

KOMUNITAS BLOGGER

Apa itu Komunitas Blogger ?. Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang dibentuk oleh para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti asal daerah yang sama, topik pembahasan yang sama, hobi yang sama, dan sebagainya. Para blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan ngumpul-ngumpul untuk saling berbagi pengetahuan yang mereka punya.

Untuk masuk di Komunitas Blogger ini biasanya terdapat semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi. Misalnya, Harus berasal dari daerah tertentu.

JENIS-JENIS BLOG

Blog memiliki jenis yang berbeda-beda, jenis ini diambil berdasarkan Niche/Topik yang dibahas didalam blog tersebut. Apa saja itu?, berikut contoh-contohnya ;
  • Blog Politik: Blog jenis ini biasanya memposting artikel tentang berita politik, baik itu kampanye politik, aktivis, dan segala persoalan yang berbasis politik.
  • Blog Pribadi: Blog jenis ini biasa disebut juga buku harian online. Biasanya blog ini berisi tentang pengalaman dan keseharian seseorang, puisi, gagasan, dan perbincangan antar teman.
  • Blog Bertopik: Blog ini biasanya hanya membahas tentang suatu hal dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog Kesehatan: Blog jenis ini lebih memfokuskan tentang kesehatan. Kebanyakan blog jenis ini berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, tips and trik seputar kesehatan, dan lain-lain.
  • Blog Sastra: Blog jenis ini Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog Perjalanan: Blog jenis ini biasanya fokus pada bahasan cerita perjalanan, Tips and Trik Traveling, Promo tiket, dan lain-lain.
  • Blog Model (Fashion Blog): Biasanya berisi informasi seputar gaya, perkembangan fashion, selera fashion, liputan fasion, dan segala hal yang berhubungan dengan fashion.
  • Blog Riset: Blog ini Berisi persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog Hukum: Blog ini Membahas persoalan tentang hukum atau urusan hukum. Blog jenis ini biasa disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog Media: Blog ini berfokus  pada bahasan berbagai macam informasi.
  • Blog Agama: Seperti namanya, blog ini membahas segala sesuatu yang berhubungan tentang agama.
  • Blog Pendidikan: Blog jenis ini biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog Kebersamaan: Topik bahasan blog ini lebih spesifik dan ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog Petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog Bisnis: Digunakan oleh pegawai untuk mempromosikan bisnis mereka.
  • Blog Pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti hewan.
  • Blog Pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).
  • Blog Virus: Digunakan untuk merusak.
  • Blog Gaya hidup (lifestyle): Berisi tema seputar gaya hidup dan hal-hal yang lagi ngetren di dunia maya.
  • Blog Parenting: Berisi topik pembahasan seputar cara menjadi orang tua dan pengalaman mengasuh anak, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan parenting.

BUDAYA NGEBLOG

Serius atau tidaknya seorang blogger dalam merawat blog mereka dapat dilihat dari seberapa sering mereka mengupdate postingan/artikel di blog mereka dan seberapa sering mereka memperbaiki masalah-masalah yang terjadi di blog mereka. Karena, kegiatan ngeblog ini harus dilakukan hampir setiap waktu, apalagi jika kita ingin selalu eksis di dunia Blogging.

Saat ini ada lebih dari 10 Juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi setiap saat. Hal ini terjadi karena saat ini sudah banyak sekali perangkat lunak (Software), peralatan, dan aplikasi internet yang mempermudakan para blogger newbie (like me) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus mengembangkan blognya, para blogger pemula ini biasanya sering melakukan kegiatan Blogwalking (Istilah untuk meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar).

Banyak para pemula yang berambisi membuat blog dan memposting artikel sebanyak-banyaknya dengan maksud untuk mendapatkan penghasilan banyak dari blog. Tapi, mereka tidak memikirkan kualitas artikel dan kondisi blog mereka, alhasil mereka pusing sendiri ketika artikel mereka tidak muncul di pencarian google dan pengajuan adsense mereka di tolak.

Sebenarnya, menjadikan blog sebagai sumber penghasilan untama ini sangat baik sekali. Karena, kita bisa mendapatkan penghasilan melalui program periklanan (Seperti Adsense, postingan berbayar penjualan tautan, dan afiliasi). Banyak juga para blogger professional/problogger yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog. Karena banyak saluran pendapatan dana, baik itu berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.

RISIKO KEJAHATAN

Tak dapat dipungkiri lagi blog sangat sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi.

Namun, disisi lain blog juga menjadi gudang informasi bagi para Hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan kejahatan di internet lainnya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Dampak negatif dari hal ini yaitu dapat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

Demikian tadi penjelasan Bocah Nerd tentang Blog. Sebenarnya semua dampak negatif tadi dapat dihindarkan dengan cara meningkatan kesadaran diri kita untuk saling menghargai dan menjaga blog, baik itu milik kita sendiri maupun blog milik orang lain. Mari kita majukan dunia Blogging Indonesia. 

Terima kasih telah membaca artikel pertama saya ini.
Semoga bermanfaat.

Inspirasi dari wikipedia
.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Tentang Blog"

Post a Comment

Utarakan pendapat Kamu !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel