-->

Mengenal Huruf-huruf dalam Bahasa Jepang.

Contoh Penggunaan Katakana

    Dalam bahasa Jepang, terdapat tiga macam huruf yang biasa digunakan. Huruf-huruf tersebut terdiri dari ; Hiragana, Katakana, dan Kanji. Dari ketiga huruf ini memilki fungsi pemakaian yang berbeda. Apa saja itu? Kuy kita simak!!

1. HIRAGANA (平仮名)

    Hiragana adalah sistem penulisan bahasa Jepang yang berawal dari Man'yogana (万葉仮名). Hiragana mulai dipakai sejak awal abad kelima. Pada awalnya, karakter ini lebih banyak digunakan oleh kaum perempuan sehingga dikenal juga dengan sebutan 女手 onnade.

Selain itu, Hiragana juga banyak digunakan dalam karya sastra kuno. Beberapa karya sastra kuno yang banyak menggunakan hiragana adalah Genji Monogatari(源氏物語)karya Murasaki Shikibu(紫式部), seorang sastrawan perempuan pada masa Heian (平安時代), lebih tepatnya pada awal abad kesebelas.

Beberapa fungsi huruf hiragana :

  1. Menulis okurigana(送り仮名). Contoh: taberu(食べる). Hiragana -べる ialah okurigana untuk verba taberu 'makan'.
  2. Menulis kata-kata yang penulisan kanjinya tidak diketahui, terlalu rumit atau sudah tidak digunakan.
  3. Menulis bacaan untuk anak-anak.
  4. Menulis Furigana atau cara baca kanji yang biasa terletak di bagian atas huruf kanji.
Berikut ini daftar huruf hiragana beserta cara bacanya dalam alfabet.
www.alfabetos.net


2. KATAKANA(カタカナ)

    Katakana adalah sistem penulisan bahasa Jepang yang berasal dari karakter Cina yang disederhanakan. Katakana mulai dipakai sejak abad ke-9 oleh para pendeta. 

Dalam penggunaanya, katakana banyak digunakan untuk berbagai keperluan sebagai berikut.
  1. Menulis kata serapan. Contoh: ベッド beddo (Tempat tidur), オムライス omuraisu (Sejenis omelete yang diisi Nasi).
  2. Menuliskan nama tempat yang tidak bisa dituliskan dalam huruf kanji. Contoh: インドネシア Indonesia, ジャカルタ Jakarta.
  3. Menulis nama orang asing. Contoh: デウィ Dewi, デンニス dennis.
Berikut ini daftar huruf katakana beserta cara bacanya dalam alfabet.

www.alfabetos.net

3. Kanji(漢字)

    Kanji adalah sistem penulisan bahasa Jepang yang berasal dari karakter Cina. Orang Jepang pertama kali mengenal kanji melalui barang-barang impor yang datang dari Cina pada abad ke-5. Namun, seiring berjalannya waktu,  karakter kanji yang berkembang di Jepang banyak mengalami perubahan dari karakter aslinya. Perubahan ini meliputi, Perubahan arti dari kanji itu sendiri dan juga perubahan bentuk kanji yang telah disederhanakan.

Kanji memiliki dua macam cara baca yaitu on'yomi(音読み)dan kun'yomi(訓読み). On'yomi ialah cara baca yang mengikuti cara baca bahasa Cina atau Cara baca aslinya. Contohnya: Kanji 食 (kun: Tabe-ru, on: sho) dalam kata shokudou yang artinya Kantin. Kanji 女 (kun: onna, on: jo) dalam kata 婦fujoshi yang artinya gadis pecinta yaoi :v.

     Selain itu, cara baca kun'yomi adalah cara baca sesuai cara baca bangsa Jepang. berbeda dengan on'yomi, yang hampir semua kanji memiliki cara baca tersebut. Tidak semua kanji memiliki cara baca kun'yomi. Cara membedakan apakah sebuah kanji dibaca on'yomi atau kun'yomi sangat mudah sekali, yaitu dengan melihat apakah dalam suatu kanji terdapat hiragananya atau tidak. Jika, dalam suatu kata dengan huruf kanji terdapat hiragananya (okurigana), maka kemungkinan besar kanji tersebut dibaca kun'yomi sedangkan jika tidak, maka kemungkinan besar kanji tersebut dibaca on'yomi.

Jumlah huruf kanji Jepang yang pernah tercatat ada sekitar 50.000 kanji. Namun terdapat 2000an huruf kanji saja yang paling sering dipakai yang disebut Jōyō Kanji(常用漢字).

Bagi Kalian yang ingin mengetahui huruf-huruf kanji secara lengkap, kalian bisa menggunakan aplikasi Belajar Kanji Jepang - 漢字学習 seperti yang admin gunakan, yang bisa kalian download disini!!



Begitulah Tadi jenis-jenis huruf yang dipakai dalam bahasa Jepang. Semoga Artikel ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, Silahkan Corat-coret di Kolom Komentar. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Jya, matane~ ^^

0 Response to "Mengenal Huruf-huruf dalam Bahasa Jepang."

Post a Comment

Utarakan pendapat Kamu !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel