-->

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang.

Hajimemashite
    
    Langkah pertama untuk mendekati seseorang, yaitu dengan memperkenalkan diri kita terlebih dahulu. Dalam bahasa Indonesia kita bisa memperkenalkan diri seperti ; Perkenalkan Nama Saya Kato Ryuko, biasa dipanggil Ryuko, Umur Saya 15thn, Saya tinggal di Jakarta, dan saya adalah seorang murid SMA. Begitu pula dalam bahasa Jepang. Namun, dalam bahasa Jepang, ada sedikit perbedaan cara memperkenalkan diri ke seseorang. Apa itu? Kuy kita simak!!.

Langkah-langkah Memperkenalkan Diri

1. Mengawali  Perkenalan diri

  • はじめまして (Hajimemashite) = Biasa digunakan untuk mengawali Perkenalan diri. Kata ini mempunyai arti Salam Kenal.

2. Menyebutkan Nama

  • "Nama" です。/ といいます。 = digunakan untuk Menyebutkan Nama Kita kepada Orang lain.
Tips : 
  1. "Nama" といいます lebih disarankan untuk dipakai oleh Orang Asing. Kenapa? Sebab, Orang Jepang banyak yang tidak mengetahui nama-nama Orang Asing. Sehingga untuk menghindari kesalahpahaman, gunakan lah "Nama" といいます untuk memperkenalkan diri kalian.
  2. Selain "Nama" です dan といいます。Terdapat satu lagi cara untuk Menyebutkan Nama kita. Yaitu dengan "Nama" ともうします。 Ungkapan ini bisa Kalian pakai jika Kalian adalah Orang dewasa atau Orang yang Sudah bekerja.
Contoh : Kato Ryuko です。/ Kato Ryuko といいます。/ Kato Ryuko ともうします。

3. Menyebutkan Nama Panggilan

  • "Nama Panggilan" と呼んでください (To yonde kudasai)。 = Mempunyai Arti, Panggil Saya "Nama Panggilan".
Contoh : Ryuko と呼んでください。

4. Menyatakan Kewarganegaraan

Sudah selayaknya Kita sebagai Orang Asing. Jika kita ingin memperkenalkan diri kepada orang Jepang/ Orang Asing, kita harus menyebutkan Kewarganegaraan kita. Hal itu bisa dilakukan dengan cara.
  • "Nama Negara" 人です。 = Saya Orang "Nama Negara".
Contoh : Indonesia 人です。

5. Menyatakan Tempat Lahir

  • "Tempat Lahir" (の)出身です (Shusshindesu)。 = Mempunyai Arti Saya Berasal dari "Tempat Lahir". (Bisa berupa Nama Kota, Daerah, Provinsi, dsb).
Contoh : Jakarta の出身です。

6. Menyatakan Usia

  • (ねんれいは)"Bilangan/Angka" さいです。 = Umur Saya "Bilangan/Angka" Tahun.
Contoh : (ねんれいは)18さいです, 17さいです。

7. Menyatakan Status

  • "Status/Pekerjaan/Kedudukan" です。 = Saya "Status/Pekerjaan/Kedudukan". (Bisa berupa Sekolah, Perusahaan, Pekerjaan, dsb).
Contoh : 学生です (Gakusei = Pelajar)、大学生です (Daigakusei = Mahasiswa)、生徒会長です (Seito kaichō = Ketua Osis)。

8. Mengungkapkan Hobi

  • しゅみは "Hobi (Kata Benda)" です。 = Hobi Saya adalah "Hobi (Kata Benda)".
Contoh : しゅみはサッカーです (Hobi Saya Sepak Bola)、しゅみはテニスです (Hobi Saya Tenis)、しゅみはバドミントンです (Hobi Saya Badminton)。

9. Menutup Perkenalan diri

  • どうぞよろしくお願いします (Dōzo yoroshiku onegai shimasu) = Biasa digunakan untuk menutup Perkenalan diri. Kata ini mempunyai arti Senang bertemu dengan Anda.

Berikut tadi 9 Hal yang Harus ada, Jika Kalian Ingin Memperkenalkan Diri dalam bahasa Jepang. Dari 9 Hal tersebut. Kita bisa Rangkai Menjadi Satu Kalimat Sebagai berikut :

はじめまして、Kato Ryukoです、Ryuko と呼んでください、Indonesia人です/ Jakarta (の)出身です、17さいです、高校生です、しゅみはサッカーです、どうぞよろしくお願いします。
Artinya, Salam Kenal, Nama Saya Kato Ryuko, Panggil Saya Ryuko, Saya Orang Indonesia/ Saya berasal dari Jakarta, Umur Saya 17 Tahun, Saya Seorang Murid SMA, Hobi Saya Sepak Bola, Senang Bertemu dengan Anda.

    Begitulah Tadi Bagaimana Cara Memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang. Semoga Artikel ini bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, Silahkan Corat-coret di Kolom Komentar. Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Jya, matane~ ^^

0 Response to "Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang."

Post a Comment

Utarakan pendapat Kamu !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel